Selasa, 31 Mei 2011

ANALISA STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC)


PRODUK FRUIT TEA
Brand profile
Fruit Tea adalah merk minuman tea yang mempunyai berbagai macam rasa. Fruit Tea diproduksi oleh PT. Sinar Sosro, pertama kali diperkenalkan ke pasar pada tahun 1997. Pilihan rasa dari produk Fruit Tea adalah apple, blackcurrant, strawberry, guava, fusion (strawberry-anggur), extreme (apple-blackcurrant), dan pedas. Fruit Tea memiliki berbagai macam kemasan,seperti; pouch, botol beling, botol plastic, kaleng, kemasan genggam.


Target Audience
Target audience produk Fuit Tea terutama adalah kalangan remaja (pelajar dan mahasiswa). Mengapa remaja menjadi target utama Fruit Tea? Karena remaja terkenal aktif, dinamis, dan kreatif. Tetapi bukan berarti Fruit Tea tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak dan orang tua. Selain rasa nya yang nikmat, Fruit Tea aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Karena tidak mengandung pewarna, pengawet, dan pemanis buatan.

Place (Distribution) Brand Message
Tempat distribusi produk Fruit Tea sangat luas. Diluar atau didalam kota Fuit Tea didistribusikan. Dari sekolah-sekolah, supermarket, minimarket, agen, warung, dan bahkan pedagang asongan.

Promotion Brand Images
Agar lebih jelas kita harus tau dulu pengertian dari IMC dan Marketing Mix.
IMC (Intergrated Marketing Communication): menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung atau tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jua ldengan saluran iklan (advertising), hubungan masyarakat (public relations), penjualan individu (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), penjualan langsung (direct marketing).
Bauran pemasaran (marketing mix) proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). 
Beberapa promosi yang dilakukan oleh Fruit Tea antara lain:
  •  Basecamp nongkrong gokil-gokilan ngoceh gratisan. Ini adalah salah satu event dari Fruit Tea yang mendatangkan musisi dari luar negeri.
  •  Fruit Tea bekerja sama dengan Mahaka Entertainment melangsungkan konser Avril Lavigne di Jakarta.
  •  Mencari talent untuk iklan Fruit Tea di sekolah-sekolah.
  •  Mengadakan lomba Grafitty, dan masih banyak lagi.

http://twitter.com/#!/fruitteaID